Permen Lelang Frekuensi Molor, Tri: Lelang Frekuensi 2,1 GHz & 2,3 GHz Jangan Ditunda

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017, 14:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 54 1715920 permen-lelang-frekuensi-molor-tri-lelang-frekuensi-2-1-ghz-2-3-ghz-jangan-ditunda-l7S0Gqwloo.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kebutuhan akan frekuensi baru dinantikan oleh para operator, salah satunya Hutchison 3 Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diminta untuk segera menyelenggarakan lelang frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz.

"Seharusnya lelang itu sesegera mungkin jangan ditunda, karena alokasi frekuensi itu harus tetap dilakukan," kata Vice President Hutchison 3 Indonesia (Tri), Muhammad Danny Buldansyah saat acara buka puasa bersama.

Desakan operator seperti Tri Indonesia agar pemerintah segera merealisasikan tender tambahan frekuensi itu sudah dibutuhkan para operator dan Tri Indonesia menyebut dirinya salah satu yang paling layak mendapatkan tambahan frekuensi itu.

"Empat para operator yang paling besar dan pelanggannya banyak sudah membutuhkan, salah satunya Tri. Kalau Tri sudah jelas lah karena paling sedikit spektrumnya dan trafiknya nomor dua, jadi Tri paling layak mendapatkan tambahan spektrum," lanjutnya.

Pemerintah melalui Kominfo rencananya akan melelang frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz. Ketika ditanya mana yang diinginkan oleh pihak Tri, Danny menjelaskah bahwa Tri memilih frekuensi yang mana saja.

"Mau kasih saya yang mana saya ambil deh. Pokoknya kita dapat salah satunya pasti seneng lah," lanjutnya. Jika mendapatkan frekuensi tambahan itu, rencananya pihak Tri akan menggunakannya untuk tambahan kapasitas secara nasional.

Seperti diketahui, Peraturan Menteri (Permen) tentang lelang frekuensi 2.1 Ghz dan 2.3 Ghz tak jadi dikeluarkan oleh Kominfo pada Mei 2017 seperti yang dijanjikan.

Anggota Komisioner Bidang Regulasi dan Hukum BRTI, I Ketut Prihadi Tresna menyatakan bahwa lelang frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz akan mundur hingga akhir Juni. Ia pun memastikan proses lelang 2,1 GHz dan 2,3 GHz akan dilaksanakan berbarengan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini