Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Update Terbaru, Firefox Simpan Sedikit Memori dan Tingkatkan Kecepatan

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 16:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 15 207 1716996 update-terbaru-firefox-simpan-sedikit-memori-dan-tingkatkan-kecepatan-iIqUQ4LPPp.jpg (Foto: Reuters)

MOUNTAIN VIEW - Mozilla Firefox akan meningkatkan kecepatan browser dan mengurangi penggunaan memori. Hal tersebut akan dibawa Mozilla dalam update terbaru.

Firefox 54 telah membuka batas atas prosesnya dari satu tempat menjadi empat, meskipun pengguna bisa menyesuaikannya menjadi lebih dengan memasukkan ‘about:config’ di address bar dan menyesuaikan pengaturannya sendiri.

Versi baru Firefox ini terasa cepat dan skornya lebih tinggi pada tes kecepatan browser dibandingkan Chrome atau Safari, bahkan setelah membuat 20 tab.

Vice President produk Firefox Nick Nguyen menyebut upgrade ini perubahan terbesar di kode Firefox dalam sejarah Mozilla, seperti dikutip dari laman The Verge, Kamis (15/6/2017).

Seperti diketahui, dalam teknologi yang setara dengan mengetahui bahwa seseorang telah secara manual memasukkan ribuan entri akuntansi ke dalam Excel, ternyata Firefox mengandalkan satu proses sistem operasi untuk memuat beberapa tab berukuran 2.5 megabyte sekaligus, sehingga membuatnya lambat.

Berbeda dengan rivalnya Chrome. Google Chrome menjalankan proses untuk setiap tab dan kemudian beberapa. The Verge, mencoba dengan membuka 22 tab saat mengetik di Chrome namun 330 proses berjalan di 1640 thread. Berbeda dengan Chrome, upgrade dari proses tunggal menjadi empat mungkin teraras minim.

Supaya bisa menyesuaikan Firefox agar berjalan dalam beberapa proses, pengembang Mozilla harus memecahkan Add-ons Firefox yang bergantung pada arsitektur proses tunggal. Mozilla’s Project Quantum dibuat untuk mengoptimalkan mesin browser yang berjalan dalam proses konten, tetap dalam pengerjaannya.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini