Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korut Kembali Dituduh Jadi Dalang Serangan WannaCry

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 15 207 1717162 korut-kembali-dituduh-jadi-dalang-serangan-wannacry-pAuW09sXV9.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - Korea Utara (Korut) kembali dituduh menjadi dalang serangan malware ganas bernama WannaCry. Tuduhan itu dilontarkan oleh pihak NSA (National Security Agency) yang meyakini bahwa ada Korut mendukung kelompok hacker untuk melakukan aksinya.

Berdasarkan penuturan The Washington Post, hacker disokong oleh mata-mata Korut dalam menyebarkan ransomware WannaCry dan meminta tebusan kepada korbannya.

Sebelumnya negara berpandangan komunis itu sempat dikatikan dengan WannaCry pada Mei. Beberapa peneliti keamanan siber termasuk Lab Symantec dan Kaspersky melihat kesamaan kode antara WannaCry dan malware lainnya yang sebelumnya ditelusuri kembali ke Korut.

Pada saat itu, para peneliti mengatakan bahwa mereka hanya memiliki hubungan lemah antara WannaCry dan negara tersebut karena ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan tumpang-tindih dengan kode. Namun NSA kini telah melacak ransomware itu kembali ke IP adresses yang terkait dengan agen mata-mata Korut.

Secara khusus, Post yang dikutip The Verge, Kamis (15/6/2017), mengatakan sebuah tim yang didanai negara yang dikenal sebagai Lazarus Group tampaknya bertanggung jawab.

Sekadar informasi, software WannaCry mengandalkan kode NSA yang bocor, sehingga tak sepenuhnya membuktikan ketajaman peretasan Korut. Tapi negara ini telah berulang kali terlibat dalam insiden peretasan besar selama beberapa tahun terakhir.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini