Diperbarui, Peramban Firefox Lebih Ngebut dari Chrome

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 16 207 1717929 diperbarui-peramban-firefox-lebih-ngebut-dari-chrome-IITTW9ButB.jpg (Foto: Mozilla)

JAKARTA - Mozilla memperbarui peramban Firefox miliknya agar bisa lebih cepat dari Google Chrome dan Apple Safari. Pembaruan itu dilakukan pada Selasa guna memangkas penggunaan memori dan kecepatan browsing.

Peramban Firefox yang kini memiliki versi ke-54 telah membuka batas pemrosesan dari satu ke empat sehingga pengguna dapat menyesuaikannya dengan cara memasukkan ‘about:config’ ke dalam kolom pencarian alamat website dan melakukan pengaturan sendiri.

Klaim Mozilla yang dirangkum dari The Verge, Jumat (16/6/2017), Firefox 54 memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan Google Chrome dan Safari dalam sebuah uji coba kecepatan browsing, bahkan setelah membuka 20 halaman baru sekalipun.

Meski demikian, dalam tes tersebut masih terdapat kebiasaan lama yakni loading di semua halamannya. Dalam keterangannya di blog resmi Mozilla, Vice President Firefox Nick Nguyen mengatakan bahwa pembaruan ini merupakan perubahan besar dalam kode Firefox sepanjang sejarah.

Sebelumnya, Firefox terasa lebih lamban karena untuk membuka beberapa halaman baru memerlukan satu proses sistem yang berukuran 2,5 MB sekaligus. Sementara empat pemrosesan yang saat ini diberikan Mozilla telah dirasakan optimal untuk digunakan pada komputer dengan RAM 8 GB.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini