Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi 'S Sugest' Bikin 2,1 Juta Ponsel Lawas Samsung Bisa Diretas

Fellix Aditya, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 18:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 16 207 1718128 aplikasi-s-sugest-bikin-2-1-juta-ponsel-lawas-samsung-bisa-diretas-JUrsOBrbmA.jpg (Foto: Android Community)

SEOUL – Samsung saat ini merupakan salah satu perusahaan ponsel dengan saingan abadi mereka, Apple. Di saat keduanya saling menunjukkan bahwa perangkat mereka paling aman, Samsung justru membuatnya seperti ‘omong kosong’ karena keteledoran yang telah dibuat oleh pihak mereka.

Ponsel Samsung biasanya akan hadir dengan aplikasi bawaan Samsung, S Suggest. Aplikasi tersebut berguna untuk menyarankan aplikasi lain untuk digunakan pada perangkat pengguna.

Namun layanan tersebut sudah dihentikan sejak 2014. Masalahnya adalah pihak Samsung juga berhenti memperbarui domain ssugest.com dan membuatnya dapat direbut orang lain.

Dilansir dari Android Authority, Jumat (16/6/2017), domain tersebut telah diambil oleh peneliti keamanan, Joao Gouveia yang berlawanan dengan beberapa hacker jahat.

Sebelumnya Samsung mengatakan bahwa domain tersebut tidak akan membiarkan pengguna memasang aplikasi berbahaya di perangkat pengguna, namun klaim tersebut ditampik oleh Gouveia.

Hanya butuh sedikit waktu untuk Gouveia melihat 620 juta data check-in dari 2,1 juta perangkat. Dan, karena S Suggest telah meminta sejumlah izin yang serius, seseorang atau hacker dapat melakukan hal-hal buruk jika mereka berhasil mendapatkan domain tersebut.

Izin tersebut mencakup hal seperti reboot hingga akses ke internet secara penuh.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini