Saingi Verizon, T-Mobile Mulai Siapkan Jaringan 5G di AS

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017, 16:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 16 54 1717990 saingi-verizon-t-mobile-mulai-siapkan-jaringan-5g-di-as-kV77NrYpsQ.jpg (Foto: Digital Trends)

JONN – Tanpa membuang waktu, T-Mobile akan memperluas jangkauan jaringan berkecepatan tinggi, 5G di Amerika Serikat (AS). Dilansir Digital Trends, Jumat (16/6/2017), sehari setelah Federal Communications Commission (FCC) secara resmi memberikannya spektrum 600 MHz yang dimenangkan dalam lelang tahun ini, Un-carrier buatannya sendiri telah memulai persiapan di beberapa kota terpilih.

Dijelaskan T-Mobile, pelanggannya akan mulai melihat langkah yang dilakukannya pada musim panas ini, dengan cakupan 31-600 MHz.

“Kami mengharapakan lebih dari satu juta mil persegi dari spektrum 600 MHz yang dimiliki Un-carrier agar jelas dan siap untuk dipasang,” kata T-Mobile dalam posting-an blog-nya.

Mengamankan spektrum dilakukan dengan tidak mudah. Pada April 2017, T-Mobile menghabiskan sekira USD8 miliar untuk blok frekuensi nirkabel yang dimiliki oleh 175 stasiun TV. Tak lama kemudian, stasiun TV tersebut memulai masa transisi selama 39 bulan.

Selanjutnya pada Mei, T-Mobile berjanji untuk merilis jaringan 5G nasional dalam tiga tahun dan akan meluncur pada 2020. T-Mobile mengambil pendekatan dua arah untuk mencapai tujuan itu, yakni menyebarkan high-band 5G berkecepatan tinggi di wilayah terpilih dan frekuensi rendah 600 MHz di wilayah lain.

Pesaingnya seperti Verizon dan AT&T juga melakukan hal yang sama untuk jaringan 5G. Namun T-Mobile berpendapat bahwa perusahaannya memiliki strategi yang unggul.


“T-Mobile diposisikan untuk menghadirkan jaringan 5G yang menawarkan jangkauan luas dan mendalam secara nasional,” kata kepala teknologi T-Mobile, Neville Ray, dalam sebuah posting-an blog.

“Kita akan mencapainya dan berlari kencang. Kami mengatakan bahwa Anda akan melihatnya di T-Mobile lebih dulu,” ujarnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini