Share

OKEZONE INNOVATION: Menilik Kisah Edwin Land, sang Penggagas Kamera Instan

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 17 Juni 2017 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 17 207 1718599 menilik-kisah-edwin-land-sang-penggagas-kamera-instan-TjcQeS1quG.jpg (Foto: Boston Globe)

JAKARTA – Kamera Polaroid atau kamera instan merupakan kamera yang memanjakan penggunanya. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan cetakan hasil jepretan secara instan. Lahirnya kamera ini tak lepas dari sang penggagas yakni Edwin Land.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam sebuah wawancara dengan majalah Life pada 1972, ilmuwan Amerika tersebut menjelaskan bahwa dia telah menemukan langkah fotografi instan selama liburan keluarga pada 1944. Putrinya yang berusia tiga tahun, Jennifer, bertanya mengapa dia tak dapat melihat foto-foto yang baru saja dijepret saat itu juga.

Rupanya permintaan anaknya itu mengarah ke kamera instan yang hingga kini populer.

Mulanya, Land meninggalkan Harvard College sebelum lulus untuk menyelidiki lebih dalam karyanya mengenai materi polarisasi ringan. Sebagai seorang remaja berusia 22 tahun, Land menyelinap ke Laboratorium Columbia University untuk menciptakan polarizer buatan yang membagi gelombang cahaya menjadi sinar terpisah.

Pada 1928, dia telah menemukan cara mengendalikan getaran cahaya yang tersebar dengan menggunakan medan magnet dan kristal mikroskopis, sebuah prestasi yang telah membingungkan fisikawan selama beberapa dekade.

Penemuan ini memiliki aplikasi yang luar biasa untuk mengurangi cahaya silau di malam hari, kacamata hitam terpolarisasi, filter kamera, lampu meja, jendela, gambar gerak 3D, dan perangkat optik. Land menerima paten pertamanya untuk bahan polarisasi sintetis pada 1933.

Setelah putus kuliah, Land bermitra dengan instruktur fisika, George W Wheelright dan membentuk Land-Wheelwright Laboratories pada 1933, yang kemudian berganti menjadi Polaroid Corporation pada 1937.

Polaroid dimulai dengan mencangkokkan teknologi polarizer ke setiap produk termasuk film 3D dan kacamata pengurang cahaya. Selama perang dunia II, Polaroid merancang dan memproduksi banyak produk untuk layanan bersenjata termasuk perangkat pemotretan inframerah.

Land merupakan penemu dengan 535 hak paten atas namanya. Kamera Polaroid pertama mulai dipasarkan di Jordan Marsh di pusat Kota Boston, sebelum Natal 1948. Fotografi instan mengumpulkan operasional jepretan di dalam film.

Film tersebut harus menangkap cahaya dari lensa kamera, mengubahnya menjadi gambar negatif, kemudian membalikkan dan menghasilkan gambar yang positif.

Pada 1980, Land pensiun sebagai CEO Polaroid, namun tetap aktif di bidang cahaya dan penelitian warna bekerjasama dengan Rowland Institute of Science. Tepat pada 1 Maret 1991, Land mengembuskan napas terakhirnya di Cambridge, Massachusetts.

Pria penggagas kamera instan ini tutup usia saat umur 81 tahun dan dimakamkan di Mount Auburn Cemetery di Cambrige, Massachusetts, Amerika Serikat.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini