Alquran dan Sains Jelaskan Manfaat Gerakan Ruku dan Sujud

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 18 56 1719167 alquran-dan-sains-jelaskan-manfaat-gerakan-ruku-dan-sujud-yUFxOM9YBc.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Gerakan dalam salat yang dilakukan umat muslim antara lain ruku dan sujud. Fakta membuktikan bahwa gerakan salat ini memberikan efek positif bagi seseorang yang melakukannya.

Buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk menjelaskan, tidak ada senam yang lebih baik dari yang dilakukan seorang Muslim seperti sujud. Manfaat bagi kesehatan, yaitu ketika sujud, maka akan ada suplai aliran darah menuju ke otak yang akan membuat otak menjadi sehat.

Saat manusia bernapas secara normal, maka sepertiga udara akan tersisa di paru-paru. Tetapi saat manusia bernapas di waktu sujud, maka abdormal fetra akan menekan diafragma.

Diafragma akan mengeluarkan sisa udara tadi. Jadi, manusia bisa bernapas dengan lebih segar. Dikarenakan manusia menghirup udara yang lebih segar, maka besar kemungkinan paru-paru akan lebih sehat.

Selain itu, saat seseorang bangkit dari sujud, ada tekanan lebih pada otot betis. Otot betis menurut pendapat ilmu medis dikenal sebagai peripheral heart yang akan memompa darah ke bagian bawah tubuh.

Sementara ketika ruku, gerakan ini menyeimbangkan aliran darah jantung ke otak. Seperti diketahui, ruku memposisikan tubuh untuk membungkuk ke depan dan menempatkan kedua tangan di lutut. Gerakan tersebut dapat mendorong aliran darah lebih lancar.

Tidak hanya itu, posisi ruku juga menjaga fungsi syaraf pusat dan syaraf tepi, menjaga syaraf opticus (penglihatan), menjaga syaraf olfactorius (pembauan), menjaga syaraf oktavus (pendengaran), menjaga syaraf vagus (organ dalam), menjaga otot leher punggung dan pundak, kekuatan otak, syaraf, serta tulang belakang.

Tidak hanya itu, manfaat ruku yang lain ialah mencegah jantung koroner, menjaga sirkulasi darah ke otak besar, keseimbangan tulang keras dan rawan, memelihara syaraf tulang sentral, menjaga fungsi otot (rangka), menjaga fungsi otot (polos), menjaga otot dalam (jantung).

Posisi ruku, terlebih bila dilakukan secara rutin, dapat memelihara fungsi pembuluh darah, menjaga kekuatan otot paha dan betis belakang. Ruku juga melatih kekuatan otot perut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini