Hati-Hati, Berbagi Link di WhatsApp Bisa Picu Hacker

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 20 207 1720626 hati-hati-berbagi-link-di-whatsapp-bisa-picu-hacker-PVtEsHR9C7.jpg Foto : Reuters

SAN FRANCISCO – Adam Wolk, seorang developer telah menemukan sebuah jalur pada keamanan pesan di aplikasi WhatsApp. Jika diakses, pesan-pesan pribadi dapat dibaca oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Hal ini muncul saat pengguna membagikan sebuah link ke dalam isi pesan. Wolk menemukan karena URL tersebut masuk ke ruang pesan, maka akan memunculkan server host dan membaca setiap pesan yang baru saja diketik.

Namun, sejauh ini semua pesan yang dikirim melalui WhatsApp masih terbilang aman jika tidak men-share link apa pun ke dalam ruang chat, karena percakapan berpotensi dibaca oleh siapa saja yang memiliki akses.

“Anda harus lebih berhati-hati saat mengunjungi situs atau mengetikkan URL ke dalam ruang chat Anda. Karena siapa sangka alamat IP Anda bocor ke server karena Anda membagikan link di pesan,” terang Erica Portnoy selaku teknologi staf EFF.

Pihak WhatsApp telah mengetahui hal ini, mereka berencana untuk memperbaikinya di versi mendatang dengan membatasi jumlah permintaan yang dikirim saat mengetikkan URL di pesan. Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyesuaikan untuk mengirimkan informasi lebih sedikit ke server host saat memeriksa URL.

“Bayangkan jika seseorang mungkin dendam kepada Anda dan menyebarkan pornografi atas Anda. Bagaimana ini terjadi? Karena WhatsApp yang telah membocorkan alamat IP Anda dan memberi orang tersebut untuk menjalankan informasi situs web tentang lokasi Anda,” tambah Erica, seperti yang dikutip dari The Register, Selasa (20/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini