Terapkan Pembayaran Digital, Negara Ini Bikin Merinding

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 14:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 20 207 1720638 terapkan-pembayaran-digital-negara-ini-bikin-merinding-tD63BxieqU.jpg Foto : Business Insider

SWEDEN – Setelah Amerika Serikat (AS) menggunakan teknologi Biometrik untuk keamanan di bandara udaranya, kini Swedia menggunakan alat yang hampir mirip, tetapi bukan untuk keamanan melainkan untuk pembayaran digital yakni SJ.

Teknologi pemindai ini diterapkan di sebuah jalur rel kereta milik Swedia yang telah diluncurkan pada 2000. Belum lama ini, mereka mengumumkan akan mulai memindai tangan penumpang dengan chip biometrik tertentu yang tertanam di kulit mereka.

Tujuannya, agar penumpang dapat melakukan pembayaran secara digital. Layanan ini rencananya akan resmi diluncurkan pada awal Juni, dan diperkirakan 200 orang pertama akan menggunakan alat tersebut.

“Beberapa orang bingung dan berpikir bahwa mereka dapat dilacak melalui microchip, tapi jika itu adalah sesuatu yang dikhawatirkan, mereka harus lebih memerhatikan penggunaan telefon genggam dan kartu kredit mereka. Sebenarnya tanpa microchip pun Anda sudah bisa dilacak dengan berbagai cara,” ujar juru bicara perusahaan seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (20/6/2017).

Dalam hal pembayaran digital, Swedia adalah salah satu negara dengan teknologi paling tinggi di dunia. Hanya 2% dari semua transaksi yang dilakukan dengan uang tunai. Sisanya diserahkan ke kartu kredit dan berbagai bentuk pembayaran mobile elektronik. Sementara AS masih menggunakan uang tunai sekira 33% warga.

Pihak SJ mengklaim bahwa alat ini akan menyimpan informasi seperti nomor tiket, akun tiket secara pribadi dan tidak dapat dilacak oleh siapa pun.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini