Steve Jobs Tak Rela Tombol Home Fisik Ponselnya Hilang?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 16:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 20 207 1720901 steve-jobs-tak-rela-tombol-home-fisik-ponselnya-hilang-94z0Vn3glX.jpg (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO – Salah satu desain ikonik iPhone adalah tombol home-nya. Tombol ini telah bertahan pada setiap iPhone selama dekade terakhir. Namun ternyata semuanya menjadi berbeda berkat keberhasilan Steve Job.

Dalam buku baru Brian Merchant, ‘The One Device: Sejarah Rahasia iPhone’, mengungkapkan bahwa pendiri Apple menginginkan sebuah tombol belakang permanen pada iPhone. Tombol belakang kemungkinan lebih merupakan fitur yang terkait dengan Android, namun selama mendesain iPhone, tombol itu sebenarnya merupakan fitur yang ingin disematkan oleh Jobs.

Sayangnya, menurut Imran Chaudhri, perancang Apple yang menghabiskan waktunya 19 tahun di Apple's Human Interface Team, dirinya membantah hal tersebut.

“Orang bisa memercayai perangkat untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Sebagian dari masalah dengan ponsel lain adalah fitur yang tertimbun dalam menu, mereka terlalu rumit,” katanya.

Ia juga mengatakan kepada Jobs bahwa tombol kembali (back) dapat menyulitkan. “Saya memenangkan argumen itu,” kata Chaudhri.

Hal ini akan menarik untuk iPhone selanjutnya. Perubahan dramatis ini dikabarkan akan terjadi pada iPhone yang dirilis tahun ini, yang rumornya membuang tombol home fisik. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Selasa (20/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini