Share

Menilik Pangsa Pasar VR dan AR Lima Tahun ke Depan

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 20 207 1721031 menilik-pangsa-pasar-vr-dan-ar-lima-tahun-ke-depan-OxBnG3r4Gw.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA – Semakin banyaknya orang yang menyukai virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) di berbagai belahan dunia. Dua tren ini juga diperkirakan akan semakin memanas dalam lima tahun ke depan.

Menurut perusahaan riset IDC, pendistribusian headset VR dan AR ditetapkan naik dibawah 100 juta unit di seluruh dunia pada 2021. Sedikit di bawah 10 juta jumlah unit headset yang dikirim pada 2016.

IDC mengatakan bahwa sejauh ini headset VR terutama yang didukung oleh smartphone merupakan yang paling populer.

“6-18 bulan ke depan akan semakin menarik pasar VR seperti vendor PC Microsoft memperkenalkan headset VR kelas atas yang juga memasuki pasar,” kata Jitesh Ubrani, analis riset senior IDC untuk Mobile Device Trackers.

Ubrani mengatakan headset yang terjangkau dan kompatibilitas PC yang mudah akan membuat VR lebih mudah diakses.

VR yang mampu membawa pengguna ke dunia maya yang dihasilkan komputer melalui headset seperti Sony PlayStation VR atau Facebook Oculus Rift, diperkirakan akan memimpin pasar didepan AR dalam pengiriman headset lima tahun ke depan. Hal tersebut dikatakan IDC karena sebagian AR lebih sulit diakses.

Namun IDC menyatakan bahwa AR bersiap untuk mengubah basis industri dalam lima tahun kedepan. Pada periode yang sama, diperkirakan lebih dari 80% pengiriman headset AR untuk penggunaan komersial. Demikian seperti dilansir CNet, Selasa (20/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini