Antisipasi Mudik, Smartfren Tambah 25 Persen Kapasitas Jaringan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 21:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 20 54 1721201 antisipasi-mudik-smartfren-tambah-25-persen-kapasitas-jaringan-OqQrBrIKHI.jpg Munir SP, VP Technology Relations and Special Project Smartfren (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Mengantisipasi kepadatan penggunaan jaringan operator di jalur mudik, Smartfren menyiapkan tambahan 25 persen kapasitas jaringan. Munir SP, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, mengatakan, perusahaan menyiapkan 60 mobil untuk mobile BTS.

"Mulai dari Merak hingga Banyuwangi, tambah 25 persen kapasitas BTS di sepanjang perjalanan, area publik, jalan tol,  jalan alternatif, terutama Jawa tengah dan Jawa Timur," kata Munir di acara Buka Puasa Bareng Smartfren di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Dari sisi jaringan, Smartfren melakukan langkah optimasi pada daerah yang dianalisis akan mengalami peningkatan trafik. Saat ini Smartfren juga telah melakukan uji kesiapan final di seluruh jalur dan lokasi mudik.

Dari hasil pemantauan selama beberapa hari ini, di sepanjang jalur mudik pulau Jawa serta di kota singgah atau tujuan lalu lintas komunikasi mengalami tren mulai meningkat seperti Pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun dan Banyuwangi.

"Walaupun hal tersebut belum terlihat secara drastis, namun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kenaikan trafik komunikasi pada umumnya terjadi mulai H-3 hari raya lebaran," ujar Munir.

Perusahaan juga menyiapkan sebanyak 22 posko layanan untuk para pemudik di sepanjang jalur mudik pulau Jawa.

Di posko mudik ini, para pelanggan maupun masyarakat umum, dapat mengisi ulang daya baterai mereka.  Mereka juga dapat mencoba beragam perangkat 4G LTE yang disandingkan dengan jaringan Smartfren atau sekadar melepas lelah.

"Posko mudik merupakan bagian dari kegiatan yang kami lakukan selama Ramadan, selain promo dan beragam produk lain yang kami hadirkan untuk menjamin kenyamanan mudik bagi masyarakat dalam hal berkomunikasi dan bersilaturahmi hingga hari raya Idul Fitri nanti," terang Derrick Surya, VP Brand and Communications Smartfren.

Lokasi posko mudik siaga Smartfren ini antara lain, Rest Area pasar batik Trusmi di Cirebon, Jawa Barat, Posko mudik perbatasan Jabar-Jateng, Stasiun Pasar Senen, Tol Jakarta Cikampek serta Pelabuhan Merak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini