TOP TECHNO: Ini Alasan Kucing Suka Dielus di Bagian Kepala

Kemas Irawan Nurrachman, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017, 02:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 20 56 1721116 top-techno-ini-alasan-kucing-suka-dielus-di-bagian-kepala-wdGQxekGvD.jpg Ilustrasi kucing (Foto: Lely M/Okezone)

JAKARTA - Hewan seperti kucing dan anjing sangat suka dielus oleh manusia di bagian kepala, namun siapa yang mengetahui apa yang menyebabkan hewan berkaki empat itu senang dielus?

Dalam sebuah penelitian, mengelus hewan seperti kucing dan anjing menandakan sebuah perhatian. Pasalnya, hewan tersebut tidak bisa menyentuh bagian kepala sendiri.

"Itu area yang relatif tidak terjangkau hewan, tapi bisa dijangkau manusia," kata Profesor emeritus Sekolah Kedokteran Hewan Cumming di Universitas Tufts, Amerika Serikat, Dr. Nicholas Dodman,seperti dikutip live science.

Nicholas menjelaskan, elusan di kepala, pipi atau dagu mengingatkan hewan tersebut akan kebiasaan membersihkan diri. Ini seperti yang dilakukan kucing maupun anjing saat menjilat bagian belakang cakar.

Ingatan lainnya yakni elusan tersebut mengingatkan kepada sang indukyang menjilat puncak kepala saat masih bayi.

Sementara itu, doktoral psikologi Universitas California, Berkeley, Mikel Delgado, mengatakan, bagi kucing elusan di bagian kepala sama dengan bentuk pertemanan.

"Anjing juga menyeredukkan kepala mereka ke pemiliknya sebagai tanda kasih sayang. Tetapi, beberapa anjing tidak suka digaruk kepalanya (atau didekati dari atas kepala) karena merupakan isyarat dominasi,” kata dosen Jurusan Sains Klinis, Kedokteran Hewan Universitas Cornell, New York itu.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini