Masa Depan Robot Komunikasi

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 04:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 21 56 1721939 masa-depan-robot-komunikasi-LrBlNFTpTh.jpg Dok. Daily Mail

AMERIKA SERIKAT – Program baru sengaja diciptakan oleh program kecerdasaan buatan yang diciptakan oleh Facebook. Perusahaan media sosial tersebut telah bereksperimen dengan pengajaran chatbots dalam bernegosiasi satu dengan lainnya.

Seperti dinukil dari laman Daily Mail, robot tersebut berusaha untuk meniru apa yang disampaikan oleh manusia ketika mereka mengembangkan mesin bahasa mereka secara spontan. Penemuan ini bisa dilihat sekilas bagaimana mesin bisa berkomunikasi secara mandiri dengan orang lain di masa depan.

Facebook’s Artificial Intelligence Researches (Fair) telah mengajarkan chatbots, di mana program kecerdasan buatan tersebut bisa secara otomatis beregosiasi satu per satu. Bagian dari pemrograman ini adalah adanya dua robot yang berdialog dan mengajarkan lainnya tentang pembicaraa manusia menggunakan mesin pembelajaran logaritma.

“Ketika salah satu agen bisa menjadi manusia, Fair menggunakan model lainnya untu meniru manusia,” ucapnya.

Teknologi sendiri didorong agar memiliki kemampuan supaya robot tersebut bisa memberikan alasan, pembicaraan, dan negosiasi. Semua kunci tersebut coba dibangun dalam aisten personal digital.

Robot tersebut akan dilatih agar tidak menyerah. “Agen baru melakukan pembicaraan lebih lama dari manusia. Pada gilirannya mereka menerima kesepakatan dengan kurang cepat,” ujar peneliti. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini