Urine Bisa Digunakan untuk Mengisi Baterai Smartphone

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 03:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 21 56 1721968 urine-bisa-digunakan-untuk-mengisi-baterai-smartphone-yvSsPlOOZz.jpg Foto: Dok. BBC

BRISTOL – Siapa yang menyangka jika urine bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone. Dinukil dari laman BBC, peneliti di Inggris telah mengembangkan cara untuk pengisian smartphone, di mana sumbernya menggunakan urine.

Dalam sebuah video yang ditayangkan di laman BBC, diperlihatkan kumpulan tabungan silinder-silinder yang diisi dengan electro active micro organisms. Di mana ini telah dibuat oleh bio-engineers di Bristol Robotics Lab.

“Mereka memakan limbah. Itulah yang item yang menjadi favorit mereka,” ungkap Professor Yannis Leropoulos, di Bristol BioEnergy.

Dengan demikian, limbah yang digunakan pun berasal dari urine. Electron dibuat sebagai produk, paket penuh ini terdiri dari 2 liter urine.

Dari situlah, microbes bisa memproduksi sebanyak 30 sampai 40 miliwats. Sumber tersebut cukup untuk mengisi baterai smartphone, layar, dan cahaya khususnya bagi toilet portabel.

Tim sendiri sedang melakukan percobaan pada sistem di Glastonbury Festival. Di mana festival tersebut akan mengubah urine menjadi sumber kekuatan. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini