Terungkap, Ada Dokter Robot yang Berkeliaran di AS

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 22 207 1722441 terungkap-ada-dokter-robot-yang-berkeliaran-di-as-zJr4TDqiNF.jpg Foto : Daily Mail

WASHINGTON – Sebuah konsep baru datang dengan membawa perubahan. Kini, orang yang sakit tak perlu lagi lama menunggu datangnya ambulans atau membeli obat ke apotek yang jaraknya cukup jauh.

Meski masih diduga prototipe, Aim berharap dapat dimanfaatkan sebagai kecerdasan buatan untuk memperbaiki perawatan kesehatan sehari-hari, dengan menggunakan perangkat cerdas di rumah serta aplikasi mobile untuk melacak data pasien.

Klinik teknologi AI ini memungkinkan pasien dapat memiliki akses terhadap diagnostik yang mudah diakses, meskipun mereka tidak dapat melakukannya ke dokter.

Aim dapat menganalisis termografi, pernapasan, bahkan menggantikan ambulans bila perlu. Klinik berjalan ini dikembangkan oleh perusahaan Artefact yang berpusat di Seattle.

“Apa yang unik dari konsep ini adalah komponen individual, platform data, kendaraan otonom, diagnostik bertenaga AI, beberapa di antaranya sudah ada, tapi bagaimana mereka terhubung dan berinteraksi satu sama lain dalam sistem dan pengalaman yang memungkinkan kita untuk memaksimalkan nilai pada pasien,” ujar pihak Artefact seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (22/6/2017).

Sistem Aim akan mengintegrasikan data dari perangkat Internet of Things di rumah, seperti smartwatch atau fitness tracker dan smart mirror. Aim juga dilengkapi dengan skala tekanan yang kuat untuk mengukur berat, keseimbangan, dan tinggi badan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini