Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jarang Dipakai, WordPress Tutup Kantor

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 22 207 1722659 jarang-dipakai-wordpress-tutup-kantor-oj4aGZ3cwd.jpg (Foto: Financial Express)

JAKARTA - Automattic, perusahaan induk dari layanan content management system (CMS), menutup kantor WordPress yang terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat. Alasannya ternyata cukup unik, yakni jarang dipakai oleh karyawan.

Berdasarkan laporan dari sumber perusahaan, banyak karyawan WordPress yang enggan untuk bekerja di ruangan kantornya. Bahkan hal itu diakui oleh CEO perusahaan Matt Mullenweg bahwa kantor tersebut hanya digunakan oleh sekira 5 orang saja. Padahal, kantor yang sejatinya cukup luas itu mampu menampung 550 orang.

"Dengan luas 15.000 kaki persegi, kelima orang itu berarti mendapatkan jatah ruang masing-masing sebesar 3.000 kaki persegi," kata Matt Mullenweg dikutip dari Financial Express, Kamis (22/6/2017).

Ternyata WordPress memang memberikan kebebasan kepada karyawannya untuk tak pergi ke kantor. Mereka memiliki sistem kerja secara remote atau dari jarak jauh. Artinya, seorang karyawan bebas bekerja di mana pun mereka sukai.

Kantor yang ditutup tersebut sebenarnya merupakan tempat kerja opsional di samping kantor lainnya yang berada di Cape Town, Afrika Selatan, dan Portland, Maine, Amerika Serikat. Selain dibebaskan dari tempat kerja, karyawan WordPress juga dibebaskan dalam berkarier.

Karyawan WordPress akan mendapatkan gaji sebesar USD250 per bulannya jika mereka memiliki pekerjaan sampingan. Misalnya seperti sebagian karyawan yang menyambi sebagai staf di kafe penjual kopi, Starbucks.

Berdasarkan laporan Reuters, alasan Automattic untuk menggunakan gaya bekerja secara remote adalah faktor pemberdayaan, perubahan pengukuran kinerja karyawan, dan pemanfaatan teknologi.

Hal serupa sebenarnya pernah dilakukan Yahoo! sebelum CEO Marissa Mayer mengakhirinya pada 2013. Dalam sebuah memo yang berasal dari bagian HR, Mayer mengatakan agar mendapatkan hasil terbaik karyawan harus bekerja secara bersampingan.

Namun ternyata, hasil yang diraih oleh keduanya berbeda. WordPress yang terbilang lebih muda dari Yahoo! yang didirikan pada 2003, saat ini masih berjalan mulus. Sedangakan Yahoo! yang didirikan pada 1995 harus mengalami nasib yang tragis, dijual kepada Verizon senilai USD4,5 miliar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini