Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisnis Chipset Toshiba Ingin Dibeli Perakit iPhone?

Fellix Aditya, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 19:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 23 207 1723538 bisnis-chipset-toshiba-ingin-dibeli-perakit-iphone-gOYaVZpxls.jpg (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA – Baru-baru ini beredar kabar soal chipset buatan Toshiba yang ingin diakuisisi oleh perusahaan perakit iPhone, Foxconn. Kabar ketertarikan Foxconn tersebut dikatakan langsung oleh kepala perusahaan yang mengatakan bahwa penawarannya kepada Toshiba terkait chipset itu belum berakhir.

"Kasus Toshiba belum berakhir, sangat mirip dengan kesepakatan Sharp. Kita masih memiliki kesempatan besar," kata CEO Foxconn Terry Gou, dikutip dari Phys, Jumat (23/6/2017).

Sebelumnya, CNN melaporkan bahwa Toshiba telah menemukan kesepakatan dengan konsorsium yang didukung oleh Pemerintah Jepang yang terdiri dari Innovation Network Corporation of Japan, Bain Capital dan Bank Pembangunan Jepang.

Nilai kesepakatan di antara kedua belah pihak itu mencapai 2 triliun yen atau sekira USD18 miliar. Namun langkah itu dikritisi oleh seorang pejabat di Foxconn yang mengatakan bahwa Toshiba terlalu menutup diri.

"Tidak ada akhir untuk krisis perusahaan mereka (Toshiba) jika mereka tidak dapat membuka diri," ungkap Tai Jeng-Wu, Presiden Sharp, anak perusahaan dari Foxconn yang diakuisisi Maret 2016.

Meski demikian, alasan Toshiba untuk memilih konsorsium pemerintah bukan tanpa melihat keuntungan. Di tengah krisis finansial yang melilitnya, mereka lebih memilih pihak yang mau menawarkan harga tertinggi.

Foxconn saat itu diketahui menawar unit bisnis chipset Toshiba dengan nilai akuisisi sebesar USD3,7 miliar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini