nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda, Pria Lebih Cepat saat Lari Dibanding Wanita

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 02:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 23 56 1723628 tahukah-anda-pria-lebih-cepat-saat-lari-dibanding-wanita-6qAWofOWx2.jpg (Foto: Youtube)

JAKARTA - Olahraga lari memang menjadi aktivitas yang menyehatkan. Selain itu, kegiatan itu kerap menjadi perlombaan maraton baik di tingkat lokal maupun internasional. Namun tahukah Anda jika pria ternyata memiliki kecepatan berlari ketimbang wanita?

Salah satu bukti permulaannya ialah pemegang rekor pelari pria tercepat saat ini adalah Usain Bolt. Ia mampu berlari sepanjang 100 meter dalam waktu 9,58 detik. Sedangkan pemegang rekor wanita, Florence Griffith Joyner, melakukannya dalam durasi waktu yang sedikit lebih lambat yakni 10,49 detik.

Lantas mengapa hal itu bisa terjadi? Alasannya adalah bisa dari faktor hormon dan ukuran tubuh. Sebelum pria dan wanita mengalami pubertas, kondisi tubuhnya cenderung sama. Sementara setelah puber, seorang pria bisa mengalami lonjakan testosteron 20 kali lebih banyak.

Testosteron sendiri memiliki banyak peranan bagi tubuh seperti memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah baru, serta menjaga tulang dan otot tetap kuat.

"Karena (wanita) memproduksi lebih sedikit testosteron, mereka memiliki kelemahan otot. Sementara pria memiliki jumlah massa otot yang lebih banyak," ungkap Dr Emily Karus, seorang ahli medis fisik dari Stanford Health Care di California, dikutip dari Live Science.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kaki seorang pria 80 persennya terdiri dari otot. Sementara otot di kaki wanita hanya 60 persen saja. Massa otot yang lebih banyak dapat membantu pria dalam berlari. Selain itu ada pula serat otot yang membantunya berlari lebih cepat.

Sedangkan dari ukuran tubuh, rata-rata wanita memiliki paru-paru yang lebih kecil daripada yang dimiliki pria. Artinya, aliran atau konsumsi oksigen yang didapat paru-paru wanita lebih sedikit dibanding pria.

Di samping itu, kadar hemoglobin dalam tubuh wanita juga lebih sedikit. Hemoglobin sendiri merupakan protein dalam sel darah merah yang membantu membawakan oksigen ke jaringan tubuh, termasuk otot. Demikian diungkap Kraus.

(kem)

Berita Terkait

science

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini