nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Akan Diminta untuk Mengeksplorasi Ruang Angkasa

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 19:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 23 56 1723640 robot-akan-diminta-untuk-mengeksplorasi-ruang-angkasa-O9BbAUK5CS.jpg Foto: Dok. The Register

AMERIKA SERIKAT – Sebuah robot otonom didorong untuk bisa melakukan penemuan baru dan eksplorasi pada sistem tata surya. Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti NASA.

“Dengan membuat keputusan dalam eksplorasi, robot luar angkasa bisa melakukan investigasi tradisional sains yang lebih efisien. Bahkan, mereka bisa mendapatkan pengamatan yang lebih,” ungkap Peneliti Al, NASA’S Jet Propulsion Laboratory, Steve Chien dan Kiri Wagstaff, seperti dinukil dari laman The Register.

Robot ini nantinya akan merespons dan memberikan perhatian secara tiba-tiba dengan fenomena yang bahkan tidak diharapkan, seperti komet yang jatuh.

Al dan mesin pembelajaran telah memiliki sejarah panjang di NASA. DS1 menjadi pesawat luar angkasa yang digunakan untuk menunjukkan demo RAX pada pengujian bagaimana menghasilkan rencana agar bisa menimbulkan hasil dari misi tersebut selama 48 jam penerbangan.

“Anda perlu untuk memahami tujuan serta melakukan pengukuran, sehingga Anda bisa merancang perangkat lunak yang bisa mengemas semuanya sendiri,” ujar Chien.

Saat ini, NASA sedang mengembangkan jadwal untuk ke Mars pada 2020. Namun ke depannya, robotlah yang bisa mengeksplorasi sejumlah lingkungan yang mungkin tidak diketahui selama berhari-hari, sampai berbulan-bulan tanpa adanya dukungan dari manusia.

Chien menambahkan, NASA memiliki kesempatan untuk meluncurkan robot. “NASA sendiri tidak ingin mengambil risiko, jadi kebanyakan mesin menyebarkan pembelajaran yang ada di lapangan,” tambahnya. (afr)

(kem)

Berita Terkait

science

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini