nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tertarik Menjadi Astronot NASA? Ini Syaratnya

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 25 Juni 2017 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 23 56 1723675 tertarik-menjadi-astronot-nasa-ini-syaratnya-pAkMtEVUOh.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Menjadi seorang astronot memang dapat memberikan pengalaman yang luar biasa karena bisa melihat secara langsung tata surya. Selain itu astronot juga bisa merasakan bagaimana keadaan di ruang angkasa. Meski demikian untuk menjadi seorang astronot tentunya ada syarat yang mesti dipenuhi.

Bersumber dari Tech Times, untuk menjadi astronot di NASA ialah seseorang minimum harus memiliki gelar sarjana dari institusi yang terakreditasi baik. Selain itu, kandidat yang terpilih juga mesti berasal dari jurusan matematika, ilmu komputer, ilmu fisika, teknik atau biologi.

Sementara syarat khusus lainnya ialah memiliki pengalaman minimal selama tiga tahun atau 1.000 jam terbang menjadi pilot pesawat jet. Kandidat juga harus mengikuti seleksi fisik yang diadakan oleh NASA.

Meski tak ada batasan khusus usia dalam program calon astronot NASA, namun dari perekrutan yang selama ini digelar diketahui memilih kandidat di rentang usia 26, 46, serta 34 tahun.

Hal lain yang juga harus dipenuhi ialah soal kewarganegaraan. Kandidat yang akan diterima NASA ialah berkewarganegaraan Amerika Serikat. Meski demikian, NASA juga memiliki perjanjian internasional dengan negara-negara tertentu seperti Jepang, Brasil, Kanada, Rusia, dan dari European Space Agency (ESA).

Selain pada tingkat persyaratan pelamar, NASA juga memiliki rangkaian tes lainnya seperti wawancara, pemeriksaan kesehatan, dan masa orientasi selama satu pekan. NASA juga akan memeriksa setiap latarbelakang kandidat untuk mendapatkan astronot terbaik.

Adapun lowongan pekerjaan yang nantinya akan diberikan tak hanya sebatas untuk astronot. Kandidat juga bisa bekerja sebagai pegawai di Stasiun Internasional Luar Angkasa, eksplorasi di ruang angkasa, dan pengujian komersial dan transportasi ke ruang angkasa.

Persaingan untuk menjadi kandidat terpilih pun kian sulit. Tahun ini saja, telah ada lebih dari 18.000 pelamar yang mengikuti seleksi program astronot NASA. Jumlah itu melebihi rekor di 1978 dan yang terbanyak sepanjang tahun 2.000. Jumlahnya tiga kali lipat di pembukaan 2012.

Dari 18 ribuan pelamar dari berbagai negara, NASA hanya memilih 12 orang terbaik di antara mereka yang terdiri dari tujuh orang pria dan lima wanita. Lembaga antariksa AS itu baru saja mengumumkan ke-12 kandidat terpilih bersama Wakil Presiden Mike Pence pada 7 Juni 2017.

Kandidat terpilih akan memiliki tugas untuk melaporkan kewajibannya kepada Johnson Space Center pada Agustus mendatang setelah mendapatkan misi tertentu dari NASA termasuk melakukan penelitian di Stasiun Internasional Ruang Angkasa, meluncurkan pesawat ruang angkasa, dan mungkin melanjutkan misi pesawat Orion.

"Kami akan membuat mereka sibuk. Mereka adalah kru tambahan penting bagi keluarga NASA dan tim manusia dari pesawat ruang angkasa," ungkap Administrator NASA, Robert Lightfood. Meski demikian, soal jumlah kandidat yang dipilih NASA bergantung pada kebutuhan kru saat itu. Tahun ini disebut sebagai jumlah kandidat terbanyak yang pernah dipilih NASA.

(kem)

Berita Terkait

science

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini