Mozilla Akan Gelontorkan USD2 Juta untuk Penemu Teknologi Internet Baru

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Sabtu 24 Juni 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 207 1724250 mozilla-akan-gelontorkan-usd2-juta-untuk-penemu-teknologi-internet-baru-3VYpKWUIgj.jpg Foto : Reuters

CALIFORNIA – Mozilla dan National Science Foundation menginginkan sebuah teknologi internet yang baru, dan itu harus bebas dan mudah diakses untuk semua orang. Kabarnya, mereka akan membayar USD2 juta untuk itu.

Belum lama, kedua organisasi tersebut mengeluarkan seruan untuk melakukan gagasan besar yang mendesentralisasi web sebagai bagian dari tantangan ‘Inovasi Nirkabel untuk Jaringan’. Tantangannya termasuk membawa internet ke komunitas luar dengan komputer dan router wifi di dalamnya.

Sejauh ini internet hanya bisa dijangkau di beberapa tempat, atau tidak sama sekali. Ada beberapa poin penting, perusahaan individual yang mengarahkan arus lalu lintas yang padat, sehingga insiden tunggal bisa berarti pemadaman yang meluas.

Sebenarnya, memecahkan masalah akses mungkin tampak seperti fantasi. Sekira 34 juta orang di AS tidak memiliki akses ke internet, dan bahkan itu artinya jika dibandingkan dengan kesenjangan digital di belahan dunia lainnya.

Secara global, 4,4 miliar orang tidak memiliki akses internet, itu berarti lebih dari setengah populasi dunia. Infrastruktur merupakan hambatan terbesar, dan itu memicu beberapa proyek yang tak masuk akal. Demikian dilansir dari CNET, Sabtu (24/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini