Roket 14 Lantai Milik SpaceX Berhasil Diluncurkan

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Sabtu 24 Juni 2017 17:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 24 56 1724178 roket-14-lantai-milik-spacex-berhasil-diluncurkan-KQD2gQbAlv.jpg Foto : The Daily Beast

HAWTHRONE – SpaceX telah berhasil meluncurkan dan mendaratkan roket Falcon 9. Tahap pertama roket ini memiliki 14 lantai yang menampung bahan bakar dan mesin utama roket. Tujuan dari peluncuran ini adalah untuk meluncurkan satelit komunikasi pertama Bulgaria untuk penyedia layanan TV Bulsatcom.

Falcon 9 meluncur dari sebuah daratan di dekat Cape Canaverai, Florida. Kini, SpaceX terhitung sudah 12 kali berhasil mencapai salah satu dari 17 misi, dan sisanya akan dilakukan di laut.

Sebelumnya, Falcon 9 sudah meluncur pada Januari, ketika digunakan untuk menempatkan 10 satelit ke orbit untuk perusahaan komunikasi Iridium. Roket tersebut kemudian mendarat disebuah kapal tak berawak di Samudra Pasifik.

Kemudian SpaceX mengambil roket tersebut dan menghabiskan beberapa bulan berikutnya untuk memperbaikinya dalam persiapan peluncuran baru ini. Pendaratan Falcon 9 ini tak mudah, sebab roket tersebut harus mendorong BulgariaSat-1 ke orbit yang begitu tinggi, tahap pertama akan mengalami lebih banyak kekuatan dan panas.

Mampu menggunakan kembali bagian dari roket Falcon 9 telah lama menjadi tujuan Elon Musk sebagai CEO SpaceX. Ia telah berusaha membawa perusahaan ke titik di mana bisa mengunakan kembali hal seperti panggung utama roket, atau fairing muatan daripada membangun roket baru untuk setiap peluncuran. Demikian dinukil dari SpaceNews, Sabtu (24/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini