Basmi Konten Negatif, 4 Raksasa Media Sosial Bentuk Kelompok Kerja Global

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017, 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 27 207 1725137 basmi-konten-negatif-4-raksasa-media-sosial-bentuk-kelompok-kerja-global-ehGqVnR0Hz.jpg Foto : Shutterstock

CALIFORNIA – Facebook, Youtube, Google, Twitter, dan Microsoft mengatakan mereka akan membentuk sebuah kelompok kerja global untuk menggabungkan usaha dalam memerangi konten teroris dari platform mereka.

Gerakan ini berasal dari tekanan pemerintah Eropa dan Amerika Serikat setelah serangan militan. Raksasa media sosial tersebut mengatakan bahwa mereka akan berbagi solusi teknis untuk menghapus konten teroris, melakukan penelitian komisi untuk menginformasikan upaya pidato kontra, dan bekerja lebih banyak dengan para ahli kontraterorisme.

“Forum Internet Global bertujuan untuk menformalisasikan dan menyusun area kerja sama yang ada dan yang akan datang antara perusahaan kami serta mendorong kerja sama dengan perusahaan teknologi kecil, kelompok masyarakat sipil dan akademisi, pemerintah dan badan supranasional seperti Uni Eropa dan PBB,” ungkap mereka dalam sebuah pernyataan resmi seperti dikutip dari CNET, Rabu (28/6/2017).

Tekanan politik pada perusahaan media sosial tersebut telah meningkatkan prospek undang-undang baru di tingkat Uni Eropa, namun sejauh ini hanya Jerman yang mengusulkan sebuah undang-undang yang di mana jika jejaring sosial gagal menghapus posting-an yang penuh kebencian dengan cepat, mereka akan dikenakan denda sekira USD56 juta.

Perusahaan teknologi raksasa itu juga akan menukar praktik terbalik dalam teknik pendeteksian konten dengan menggunakan pembelajaran mesin dan juga mendefinisikan sebagai metode pelaporan transparansi standar untuk penyerapan konten teroris.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini