Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Layanan Operator Seluler Mengalami Lonjakan Drastis saat Lebaran 2017

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 12:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 28 207 1725415 layanan-operator-seluler-mengalami-lonjakan-drastis-saat-lebaran-2017-cj4O2scf05.jpg Ilustrasi Foto : Dok. Okezone

JAKARTA – Sesuai prediksi, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan operator seluler Telkomsel mengalami kenaikan trafik layanan data pada Hari Raya Idul Fitri 2017.

Tercatat dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, kenaikan trafik layanan data XL Axiata terjadi hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama pada tahun lalu.

Kenaikan ini sebabkan oleh meningkatnya aktivitas akses ke layanan data oleh pelanggan, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. Meski begitu, jaringan XL Axiata tidak mengalami hambatan sedikit pun.

“Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat,” kata Direktur atau Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam siaran resmi yang diterima Okezone, Rabu (28/6/2017).

Yessie memaparkan, layanan data kembali mendominasi kenaikan trafik karena pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan tren pemakaian layanan data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format teks, voice, video call, maupun multimedia.

Lain dengan Telkomsel, meski sama-sama mengalami peningkatan, operator seluler ini mengalami kenaikan yang cukup berbeda dengan XL Axiata. Tercatat Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136% menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran, di mana angka tersebut memang meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama pada 2016.

Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36%), disusul layanan video streaming (29%).

“Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran. Jauh-jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran,” ungkap Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, dalam siaran resminya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini