Begini Cara Pemerintah Tangkal Penyebaran Ransomware Petya

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 30 207 1726234 begini-cara-pemerintah-tangkal-penyebaran-ransomware-petya-irL36nwOpU.jpg Foto : Okezone/Tachta Citra Elfira

JAKARTA – Demi mencegah penyebaran virus berbahaya yakni Petya, pemerintah terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus ini di Indonesia.

Meski belum terjangkit, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan mensosialisasikan cara mencegah Petya agar tak menjangkit perangkat keras yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan cara menyebar pesan singkat.

“Sekarang kita akan sosialisasikan ke masyarakat, terutama yang kembali dari mudik Lebaran. Akan kita kirim SMS ke pengguna seluler, agar ini jangan hoax. Karena kebiasaan hoax, jadi nanti dianggap hoax,” ujar Rudiantara saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/6/2017).

Perlu diketahui, bahwa Indonesia masuk sebagai salah satu dari 10 negara yang paling sering mendapat serangan virus. Oleh sebab itu, pria yang kerap disapa Chief RA ini juga sudah minta ID-SIRTII untuk memberikan pemberitahuan kepada para mitra yang bekerja sama seperti penyelenggara jasa akses internet, penyelenggara NAP, dan juga kepada kementerian atau lembaga serta pelaku pelayanan publik di sektor strategis, antara lain sektor telekomunikasi, keuangan, transportasi, dan daya dukung transportasi dan sektor ESDM.

Wakil ID-SIRTII Bisyron Wahyudi juga menyampaikan, “ID-SIRTII sebagai tim penanganan insiden siber sudah melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak-pihak counterpart di luar negeri dan memberikan peringatan dini kepada pihak-pihak terkait terutama pemangku infrastruktur kritis atau objek vital nasional.”

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini