Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sektor Publik di Indonesia Rentan Serangan Ransomware Petya?

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 12:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 01 207 1726411 sektor-publik-di-indonesia-rentan-serangan-ransomware-petya-P7okd74wUT.jpg Foto : Shutterstock

JAKARTA – Meski belum terjangkit dan tidak bisa dikatakan aman, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, tetap terus mengingatkan masyarakat untuk mengantisipasi virus Petya yang dapat menjangkit perangkat elektronik mereka.

Berdasarkan keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beberapa hari terakhir Petya ditemukan di wilayah Eropa dan Asia Selatan. Namun, Ukraina menjadi negara yang berdampak paling berat dari serangan Petya, yakni mencakup sektor publik, kelistrikan, hingga perbankan.

Di Indonesia, Kominfo juga telah mengingatkan tiga sektor publik yang rentan dengan target Petya yakni perhubungan, perbankan, dan energi. Tak sekadar mengingatkan, pihaknya juga menyiapkan peta jalan pengaman siber untuk tiga sektor tersebut.

Sebelumnya diketahui, ransomware versi Petya ini mengenkripsi hard disk sampai pemilik file harus membayar uang terbusan bitcoin sebesar USD300. Namun, korban tidak akan bisa mengembalikan file mereka, bahkan jika membayar uang tebusan tersebut. Sebab, tujuan di balik serangan tidak pernah dimaksudkan hanya untuk menghasilkan uang, tapi juga menyebabkan kerusakan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini