Menkominfo: Kurang dari 5 Tahun Jaringan 2G Bakal Dimatikan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017, 14:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 03 54 1727460 menkominfo-kurang-dari-5-tahun-jaringan-2g-bakal-dimatikan-S76kCnqZ9K.jpg (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Saat ini masyarakat sudah akrab dengan jaringan 4G yang memberikan akses internet berkecepatan tinggi. Teknologi jaringan yang lebih lawas seperti 2G, saat ini masih banyak dipakai walau ke depan tampaknya jaringan tersebut akan dimatikan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengisyaratkan kurang dari lima tahun tidak ada lagi 2G di Indonesia.

"Kalau lima tahun sudah enggak ada 2G di Indonesia lah. Karena apa? 2019 itu harga ponsel 4G yang buatan dalam negeri ada yang Rp400-an ribu, sudah murah. Jadi enggak ada lagi, dibandingkan antara ponsel 4G (smartphone 4G) dengan yang 2G sudah enggak ada artinya, kita bicara tahun 2019-2020," kata Rudiantara kepada Okezone.

Ia mengatakan, daya beli masyarkat meningkat dan operator fokus pada teknologi 4G. Menurutnya, pemerintah akan memutuskan menghilangkan 2G karena biaya mengirimkan data pakai 2G lebih mahal daripada 4G.

"4G kan teknologi, tetapi habitnya sendiri, data. Voice Over LTE kan belum sempurna, kualitas belum sebaik yang model 2G, tapi sebentar lagi ya 2G akan hilang. Kita harus hilangkan karena biar bagaimanapun biaya untuk deliver data pakai 2G puluhan kali lebih mahal daripada 4G," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat sudah menuju pada penggunaan data. Seperti diketahui beberapa aplikasi sudah mendukung percakapan telefon melalui data.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini