Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikuti Jejak NASA, Jepang Bakal Taruh Astronot di Bulan

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 14:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 03 56 1727450 ikuti-jejak-nasa-jepang-bakal-taruh-astronot-di-bulan-MvJ6YGBDKW.jpg (Foto: Slash Gear)

TOKYO - Badan Eksplorasi Aerospace Jepang, JAXA, mengumumkan awal pekan ini bahwa pihaknya sedang mengembangkan rencana untuk menempatkan seorang astronot di bulan pada 2030.

Meskipun proposal itu belum disetujui oleh pemerintah Jepang, jika itu berhasil maka ini akan menjadi pertama kalinya astronot Jepang dikirim ke sebuah misi di luar International Space Station (ISS).

Hal ini tak berarti, Jepang berencana membangun dan meluncurkan roketnya dengan sendirinya. Sebagai gantinya, JAXA mengatakan bahwa pihaknya ingin berkontribusi pada misi multinasional yang dipimpin NASA untuk membangun sebuah stasiun luar angkasa baru di dalam orbit bulan.

Dengan misi yang dijadwalkan dimulai pada 2025, Jepang berharap bahwa menyumbang teknologi mutakhirnya sendiri akan membantunya mengamankan tempatnya di stasiun radio seperti dikutip dari Slash Gear, Senin (3/7/2017).

JAXA akan menyediakan blueprint yang lebih normal mengenai rencananya kepada pemerintah di tahun depan, namun idenya adalah bahwa sekali Jepang memiliki tempat di stasiun luar angkasa yang baru, maka pada akhirnya akan menempatkan salah satu astronotnya di permukaan bulan.

Pengumuman ini dilihat oleh beberapa orang sebagai masuknya Jepang ke dalam ruang luar angkasa dengan beberapa negara di dekatnya juga ikut mengembangkan misi luar angkasa seperti China.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini