Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Ini Kondisi Cuaca di Jupiter

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 04:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 03 56 1727633 seperti-ini-kondisi-cuaca-di-jupiter-y85ZiTlIei.jpg Foto: Dok. Cosmos Magazine

JAKARTA – Jupiter sebagai salah satu planet terbesar di tata surya ini tentu memiliki kondisi cuaca yang berbeda dari planet-planet lainnya. Dalam sebuah gambar yang diambil oleh Gemini North Telescope di Hawaii dengan menggunakan Near InfraRed Imager (NIRI), menunjukkan gambar Jupiter dengan citra infrared berwarna yang mengungkapkan partikel seperti reflek dari cahaya matahari.

Filter warna tersebut telah mecangkup sebuah gelombang antara 1,69 sampai 2,275 microns. The Great Red Spot (GRS) ini sendiri muncul di wilayah paling terang. Hal ini juga menjadi salah satu wilayah paling sensitif dan ada di atas koneksi Yves. Demikian seperti dinukil dari laman Cosmos Magazine.

Sementara itu, fitur yang menunjukkan warna kuning atau orange pada kutup Jupiter tersebut meruapakan refleksi dari cahaya matahari dari ketinggian kabut yang paling tinggi. Sehingga memproduksi aurora yang berhubungan dengan kemistri di atas Statosfer planet tersebut.

Selain itu juga terdapat garis-garis spiral yang menunjukkan adanya atmosfer yang renggang karena angin. Sementara itu, fitur lainnya yang juga terlihat adalah adanya blok gelap dan terang yang ada di selatan dan utara. Masing-masing menunjukkan kepadatan artikel awan dan kabut.

Tidak hanya itu, kabut tinggi pun Nampak terlihat di kedua belah kutub. Terlihat bahwa daerah tersebut tertutup tanah, dengan substansial variabilitas yang sesuai dengan struktur ruang mereka. (afr)

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini