Aplikasi Ini Bisa Perbaiki Otak dari Demensia

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 03 56 1727638 aplikasi-ini-bisa-perbaiki-otak-dari-demensia-RKWYEEc34E.jpg Foto: Dok. Sandiago Union Tribune

JAKARTA – Sebuah game training otak dimainkan untuk bisa memperbaiki memori iPad bagi mereka yang sudah mengalami level demensia. Hal tersebut disebutkan oleh peneliti Inggris.

Game ini melatih sekira 21 orang yang didiagnosis mengalami gangguan kognitif ringan amnestic. Gangguan kognitif ini ditandai dengan adanya penyimpangan memori lebih besar dari yang biasa dialami oleh mereka yang telah menua.

Dinukil dari laman Sandiego Union Tribune, ke-21 orang tersebut diperintahkan untuk mencoba bermain memory game selama delapan jam pada empat minggu. Grup mengontrolnya dengan cara melakukan kunjungan klinik biasa. Mereka yang telah memainkan games ini membuat kurang dari sepertiga melakukan kesalahn dalam tes memori ketimbang kontrol grup.

Latihan otak ini bertujuan untuk membangun cadangan kognitif. Margin keamanan ini memungkinkan otak untuk bisa mengkompensasi menurunnya kemampuan secara bertahap. Bagaimanapun, mereka yang mengalami penurunan kognitif biasanya mengalami penurunan dalam motivasi juga.

“Pasien menemukan game yang menarik, bisa terlibat dan merasa termotivasi untuk tetap berlatih selama delapan jam. Kami berharap bisa memperpanjang penemuan ini pada studi di masa depan mengenai kesehatan,” ungkap salah satu peneliti, Savulich. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini