Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidik Jari Sintetis Lebih Efektif untuk Penguncian Keamanan

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 03 56 1727756 sidik-jari-sintetis-lebih-efektif-untuk-penguncian-keamanan-8TzWA5xmy8.jpg Foto: Dok. New Scientist

NORTH CAROLINA – Sebuah mikropis yang diperas bisa menjadi kunci keamanan yang tidak akan bisa diduplikat. Keriput yang dihasilkan ini sangat cocok dengan sidik jari. Hal tersebut diungkapkan oleh Derek Breid di Saint Vincent College di Pennsylvannia.

Partikel ini sendiri sangat unik dan bisa digunakan untuk memverifikasi identitas orang dengan menggunakan kartu keamanan atau sidik jari mereka sendiri. Bahkan partikel itu sendiri bisa dipatok untuk karya seni yang bisa membuat orang yakin.

Kunci keamanan ini membuat cara yang lebih mungkin untuk mengkloningnya. Hal itu disampaikan oleg Wook Park di Kyung Hee University, Korea Selatan. Dia juga telah mengembangkan teknik tersebut dengan koleganya.

Dinukil dari lama New Scientist, metode ini melibatkan partikel plastik dengan lembaran tipis silica. Kemudian direndam dan dibiarkannya mengering hingga menjadi keriput seperti layaknya sidik jari.

Jqan Genzer di North Carolina State University sendiri merasa terkesan dengan hasil yang ditunjukkan.

“Anda bisa melihat sendiri terhadap kontrol yang bagus pada bentuk keriput tersebut,” tambahnya. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini