Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Korea Selatan, China Turut Batasi Durasi Anak Nge-Game

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 23:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 04 326 1728747 usai-korea-selatan-china-turut-batasi-durasi-anak-nge-game-14WaQA6cMT.jpg (Foto: Reuters)

BEIJING – Game menjadi hiburan yang digandrungi oleh anak-anak. Perkembangan game yang kini juga merambah perangkat mobile turut mendorong kemudahan gamer anak untuk memainkannya.

Tak ingin generasinya kecanduan game, raksasa internet China, Tencent memutuskan untuk membatasi durasi game untuk gamer berusia dibawah 18 tahun. Gamer berusia dibawah 12 tahun akan dibatasi hanya satu jam per hari dan akan terhalang mengakses permainan setelah jam 9 malam.

Langkah ini datang sebagai tanggapan atas meningkatnya keluhan bahwa anak-anak menjadi kecanduan Honor of Kings, yang memiliki lebih dari 200 juta pengguna dan merupakan game mobile terlaris di dunia.

"Tak ada peraturan untuk mencegah kegemaran dalam game mobile di China, namun kami memutuskan untuk menjadi yang pertama mencoba menghilangkan kekhawatiran orang tua dengan membatasi waktu bermain dan memaksa anak-anak untuk log off," kata Tencent dalam posting-an WeChat beberapa waktu lalu yang dikutip dari The Verge, Selasa (4/7/2017).

Sayangnya, tak jelas apakah tindakan baru tersebut akan diterapkan hanya di China atau ke negara lain juga. Sebelumnya, pada 2011 Korea Selatan menerapkan pembatasan game serupa, melarang pengguna berusia di bawah 16 tahun mengakses game populer antara tengah malam dan jam 6 pagi.

Tencent sendiri berencana untuk meningkatkan sistem kontrol parentalnya untuk memantau game di kalangan anak-anak dan akan menerapkan pembatasan in-app purchases di kalangan pengguna muda. Selain itu, pengguna juga mewajibkan semua pemain untuk mendaftarkan diri dengan nama asli mereka.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini