Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Uji Teknologi Baru untuk Lindungi Bumi dari Asteroid

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 13:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 04 56 1728262 nasa-uji-teknologi-baru-untuk-lindungi-bumi-dari-asteroid-urfr5CJU7f.jpg (Foto: Slash Gear)

CALIFORNIA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bekerja sama dengan lembaga di seluruh dunia untuk mengembangkan teknologi pertahanan jarak jauh, yang akan dimanfaatkan untuk melindungi Bumi dari dampak asteroid.

Dikutip dari Slash Gear, Selasa (4/7/2017) teknologi semacam ini mungkin sangat penting untuk melindungi manusia di masa depan dan pekerjaan seperti ini sedang dilakukan untuk menguji kemungkinan metode pertahanan. Salah satu tes ini akan dilakukan oleh NASA dan ini akan melibatkan pembatalan sebuah pesawat luar angkasa ke sebuah asteroid untuk mengalihkan jalurnya.

Tes yang akan datang itu disebut Double Asteroid Redirection Test (DART). Hal ini akan menandai pertama kalinya NASA menetapkan untuk menunjukkan efektivitas dari salah satu teknik defleksi asteroidnya.

Meski tanggal pengujian yang tepat tak dijelaskan, namun DART mendapat persetujuan dari NASA pada 23 Juni. Pesawat luar angkasa yang terlibat dalam tes ini akan berukuran seukuran kulkas dan akan melaju dengan kecepatan sembilan kali lebih cepat dari peluru.

Sasaran tes ini adalah satu dari dua asteroid yang terdiri dari sistem biner yakni Didimos B. Sistem asteroid biner ini telah dipelajari oleh para peneliti selama bertahun-tahun dan dijadwalkan untuk membuat pendekatan yang jauh ke planet Bumi dalam setengah dekade berikutnya. Secara keseluruhan target DART sekira 530 kaki.

Sistem penargetan sendiri yang dibangun di dalam pesawat luar angkasa akan memungkinkannya mengarahkan dirinya ke asteroid. Para peneliti di Bumi akan melihat dampaknya terjadi dan bisa menghitung dampaknya terhadap litasan asteroid dari waktu ke waktu. (din)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini