Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Rancang Alat Pencegah Tabrakan Asteroid ke Bumi

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 05 56 1728919 nasa-rancang-alat-pencegah-tabrakan-asteroid-ke-bumi-UExQDXBHcC.jpg (Foto: Mirror)

JAKARTA - Cerita soal benda ruang angkasa yang menabrak Bumi memang telah banyak ditemukan dalam buku dan film bertemakan sains. Di dunia nyata, Bumi sebenarnya telah memiliki atmosfer yang melindungi hantaman benda asing. Sehingga benda seperti komet akan terbakar dan hancur saat hendak mendekat ke bumi.

Namun para peneliti memercayai bahwa suatu saat akan ada sebuah komet besar yang akan menghantam Bumi. Oleh karena itu NASA membuat alat pencegah yang dinamakan DART. Dikutip dari halaman BGR, Rabu (5/7/2017), DART merupakan kepanjangan dari Double Asteroid Redirection Test.

Ide di balik pembuatan DART ialah penemuan sebuah asteroid yang dapat memberikan masalah pada Bumi. DART yang merupakan sebuah pesawat ruang angkasa itu memiliki fungsi untuk mengubah jalur orbit asteroid. Ukuran dari pesawat penghalau asteroid itu sama seukuran dengan sebuah kulkas.

Saat ini DART masih berada dalam fase konsep desain. Sementara pengujian dari alat itu sendiri baru akan terwujud pada 2024 mendatang. DART akan diuji untuk mendekati sebuah asteroid yang kemungkinan dapat mengancam Bumi dan mengukur seberapa baik alat tersebut bekerja.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini