Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP TECHNO: Objek Misterius Muncul di Permukaan Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 05 56 1729136 top-techno-objek-misterius-muncul-di-permukaan-mars-59WAonPNq9.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Mars merupakan planet yang terus menjadi objek penelitian para ilmuwan. Ilmuwan mencari apakah ada kehidupan di planet merah tersebut.

Untuk meneliti Mars, peneliti sampai mengirimkan robot yang kini telah menjelajah daratan Mars. Terkini, sebuah objek misterius tertangkap kamera robot NASA Opportunity Rover di Mars.

Objek tersebut tampak seperti bongkahan logam yang belum diketahui asal usulnya. Dilansir Foxnews, gambar inframerah kontras tinggi yang dipublikasi oleh Mars Exploratino Rover Mission diunggah oleh Opportunity Rover pada 17 Maret 2017. Benda yang mengkilap dan bergerigi itu berada di atas permukaan kasar Meridiani Planum di Mars.

 

Foto tersebut menjadi bahan perbincangan di forum obrolan internet, Reddit. "Uh NASA? UFO tertangkap di misi Rover Mars? Apakah ini nyata?" kata akun Prosaic Origin.

Bentuknya yang aneh menghasilkan dugaan bahwa ini merupakan alien. "Sepertinya cahaya berkilauan dari pesawat luar angkasa yang asli di planet asing di luar angkasa," kata salah satu komentator di situs Reddit.

Ada pula dugaan bahwa bongkahan logam itu merupakan potongan puing dari robot rover itu sendiri atau perisai panas dari pesawat yang mengantarkannya. Bisa juga potongan sampah dari serangkaian misi yang gagal dalam beberapa dekade terakhir.

Objek misterius yang ditemukan di Mars itu tampaknya menghasilkan fenomena pareidolia. Wikipedia menerangkan, pareidolia ialah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting.

Misalnya, seseorang seolah melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, kelinci Bulan, atau mendengarkan pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik.

Pada 2012, fenomena Pareidolia juga muncuk terkait bentuk kepala gajah yang ditemukan di Mars. Mars Reconnaissance Orbiter dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) menangkap bentuk unik dari aliran lava yang menyerupai kepala gajah di planet Mars.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini