Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Game Bisa Mengubah Otak Manusia

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 05 56 1729337 video-game-bisa-mengubah-otak-manusia-oyA6kZwMVK.jpg Foto: Dok. Science Daily

JAKARTA – Apa Anda menjadi salah satu penggemar video game? Video game memang disukai oleh banyak orang dari beragam kalangan. Bahkan keberadaan teknologi saat ini juga telah mengubah lebih banyak orang untuk mengekspos video game.

Namun apakah Anda sadar bahwa video game sendiri telah memberikan dampak pada otak Anda dan juga kebiasaan. Dilansir dari laman Science Daily, bahwa video game sendiri memiliki dampak bagi kesehatan dan kebahagiaan juga.

“Game memiliki sesuatu yang disembah. Bagaimanapun game juga adalah aktivitas yang sangat popular,” ungkap Marc Palaus.

Palaus dan koleganya sendiri juga melihat ini sebagai tren yang muncul dari adanya konsen terhadap bagaimana video game tersebut memengaruhi struktur dan aktivitas otak manusia. Dalam studi, ditunjukkan bahwa video game telah mengubah bagaimana performa otak manusia dan struktur mereka.

Seperti contoh jika bermain video game, beberapa studi menunjukan adanya peningkatan beberapa perhatian. Hal ini menjelaskan bahwa video game bisa meningkatkan ukuran dan efisiensi dari wilayah otak yang terkait dengan keterampilan visuospatial.

Tidak hanya itu, video game juga bisa membuat pemainnya menjadi ketagihan atau yang biasa disebut dengan ‘Internet Gaming Disorder’. Peneliti menemukan perubahan otak dari mereka yang sudah ketagihan dengan video game ini. Terdapat perubahan syaraf pada pecandu game. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini