Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Game Ini Bisa Uji Kemampuan Identifikasi Berita Palsu Anda

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 14:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 06 326 1730050 keren-game-ini-bisa-uji-kemampuan-identifikasi-berita-palsu-anda-un13mgDWgm.jpg (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA - Media sosial (medsos) menjadi salah satu wadah sebagian orang untuk mengonsumsi berita, namun terkadang berita yang diterima belum tentu kebenarannya.

Agar tak banyak pengguna terjebak dalam berita palsu, perusahaan seperti Facebook menciptakan tool yang akan membantu melawan penyebarannya. Namun, upaya menghindari berita palsu juga bisa dilakukan oleh pengguna medsos itu sendiri lewat latihan di game yang dijuluki Factitious.

Disitat dari Ubergizmo, Kamis (7/7/2017), user interface (UI) yang dimiliki Factitious meniru aplikasi kencan populer Tinder yang penggunanya akan swipe ke kiri atau kanan dalam mencoba menentukan berita mana yang mungkin nyata dan mungkin palsu.

Pengguna juga bisa mengklik sumber untuk mencari tahu suatu artikel, jadi tergantung bagaimana kabar terbaru Anda di situs satire atau paradi, ini sebenarnya lebih menantang dibanding yang Anda pikirkan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini