Wow, Mahasiswa Potret Bulan dengan Kamera Game Boy

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 207 1730679 wow-mahasiswa-potret-bulan-dengan-kamera-game-boy-ZKvoHU1ems.jpg (Foto: Gizmodo)

JAKARTA - Seorang mahasiswa astronomi bernama Alex Pietrow berhasil memotret bulan menggunakan kamera yang ada di konsol Game Boy. Ia mengaku suka bermain-main dengan benda-benda berteknologi lama.

Kamera Game Boy sendiri memiliki tampilan 2-bit dengan ketajaman 128 x 112 piksel. Sementara Pietrow juga diketahui sebagai pemandu di Observatorium Leiden sehingga memiliki akses yang cukup leluasa untuk menggunakan teleskop.

Mengutip halaman Gizmodo, Jumat (7/7/2017), awalnya ia terlebih dahulu mempelajari cara untuk menyimpan gambar dari kamera Game Boy ke PC. Setelah menemukan solusinya, ia pun menyiapkan peralatan untuk memotret bulan.

Pietrow menggunakan rig kamera milik Game Boy Advance SP, kamera Game Boy, dan sebuah smartphone. Kamera Game Boy kemudian ia pasangkan kepada teleskop Fraunhofer 6 inci keluaran 1838 untuk meneropong bulan.

Awalnya ia berencana untuk menangkap gambar planet Jupiter namun ternyata hasilnya tak memuaskan. Foto yang ia ambil hanya menampilkan sebuah titik putih di antara bintang-bintang lain di ruang angkasa.

Oleh karena itu Pietrow kemudian mencobanya ke bulan. Akhirnya ia pun berhasil mengabadikan bulan dengan tampilan kontras dari kamera Game Boy.

"Saya berhasil mendapatkan kontras yang sempurna untuk mendapatkan Jupiter dan (tiga) bulannya. Cukup mengesankan untuk kamera 2 bit, karena Jupiter lebih dari 600 kali lebih terang dari bulan-bulannya," kata Pietrow.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini