Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Teleskop Hubble Mampu Tampilkan Galaksi yang Tersembunyi

Fellix Aditya, Jurnalis · Sabtu 08 Juli 2017 17:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 08 56 1731821

WASHINGTON – Sebuah galaksi spiral yang duduk sangat dekat dengan galaksi Bima Sakti bisa menjadi salah satu galaksi yang paling terang di langit. Namun, adanya lapisan tebal gas kosmis, bintang, dan debu menjadikan sebagian besar galaksi ini tersembunyi dari pandangan.

Kini telah didapati sebuah gambar yang ditangkap oleh teleskop luar angkasa, Hubble. Hubble ini menampilkan gambaran dari Hidden Galaxy yang sangat menakjubkan, yang menurut para ilmuan Hidden Galaxy merupakan target kosmik yang menantang untuk dicari.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (8/7/2017), gambaran yang menakjubkan itu memperlihatkan inti galaksi yang sangat terang yang mengintip melalui awan kosmik berwarna-warni yang berputar mengelilinginya. Hidden Galaxy memiliki kode nama IC 342 juga memiliki material dibagian depan yang sulit untuk diidentifikasi.

NASA menyebut bagian inti dari Hidden Galaxy adalah inti yang dikenal dengan HII Nucleus, hal ini mengartikan bahwa inti tersebut mengandung hidrogen yang terionisasi. Selain itu, NASA juga menduga wilayah ini yang bertanggung jawab atas kelahiran bintang-bintang baru.

“Terlihat sangat dekat dengan Bima Sakti, galaksi spiral ini akan menjadi yang paling terang di langit jika bukan karena lokasi yang dikaburkan oleh debu,” NASA menjelaskan.

“Galaksi ini sangat aktif seperti yang ditunjukkan oleh berbagai warna yang terlihat dari teleskop NASA, Esa Hubble Space ini. Hal ini menggambarkan wilayah galaksi yang sangat sentral.”

“Campuran yang cantik dari panas, daerah pembentuk bintang biru, redder, daerah yang lebih dingin dari gas, dan jalur gelap dari debu yang samar dapat dilihat, semuanya berputar-putar disekitar inti yang terang itu.”

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini