nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Ke-293 Eva Ekeblad

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 10:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 10 207 1732422 google-doodle-rayakan-ulang-tahun-ke-293-eva-ekeblad-tQNVTkEVMv.jpg (Foto: Okezone/Google Doodle)

JAKARTA - Google pada hari ini, Senin (10/7/2017), merayakan hari ulang tahun ke-293 Eva Ekblad melalui sebuah coretan yang disebut Doodle. Pengguna mesin telusur akan menemukan sebuah gambar talenan dengan irisan kentang dan tepung di atasnya membentuk huruf Google.

"Hari ini kita bisa menghargai kecerdikan Eva Ekeblad dan prestasi ilmiahnya. Selamat ulang tahun, Eva!" tulis Google di halaman Doodle-nya.

Siapakah Eva Ekeblad yang kini dirayakan Google? Ia adalah ilmuwan asal Swedia yang memperkenalkan tepung terbuat dari kentang. Berkat penemuannya itu, Eva mampu membantu mengurangi krisis kelaparan di tengah-tengah masyarakat.

Eva yang juga seorang bangsawan, memperkenalkan bahan pokok berupa kentang kepada masyarakat Swedia pada 1658. Saat itu ia membudidayakannya di rumah kaca. Sejak adanya tambahan makanan pokok, pasokan gandum, gandum hitam, dan selai untuk roti menjadi meningkat.

Selain mengolahnya menjadi tepung, Eva juga memiliki penemuan lainnya yang masih berkaitan dengan kentang yakni membuat alkohol yang terbuat dari kentang. Ia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dengan sabun pada 1751.

Eva juga mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada 1752 dan mempromosikan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut.

Atas kejeniusannya, Eva Ekeblad kemudian mendapatkan penghargaan sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada 1748. Kemudian pada 1751 ia terpilih menjadi anggota kehormatan karena saat itu hanya kaum pria yang diperbolehkan menjadi anggota tetap.

(kem)

Berita Terkait

Google Doodle

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini