Ternyata Ini Penjelasan Alquran dan Sains soal Perbedaan Warna Kulit Manusia

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017, 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 10 56 1732909 ternyata-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-soal-perbedaan-warna-kulit-manusia-RWoc4jMNbU.jpg (Foto: Today)

JAKARTA - Anda mungkin bertanya-tanya mengapa manusia di Bumi memiliki perbedaan warna kulit. Sejatinya, perbedaan itu sendiri telah disebutkan dalam salah satu ayat di Alquran bahwa Allah SWT sengaja menciptakannya.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lain bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang yang mengetahui,” (QS Ar-Rum:22).

Sementara jika ditilik secara ilmiah, berdasarkan buku ‘Sains dalam Alquran’ (2013), ada beberapa faktor yang membuat perbedaan warna kulit yang dimiliki manusia.

Faktor pertama ialah karena genetik. Antara manusia yang memiliki kulit putih dan hitam ditentukan oleh sel araknoid dan zat yang disebut melanin. Setiap manusia memiliki sel araknoid berjumlah 60.000 per inci kulit.

Sedangkan perbedaan warna kulit dipengaruhi oleh jumlah melanin. Menurut buku tersebut, orang berkulit putih dan hitam memiliki perbedaan jumlah melanin hanya 1 gram saja.

Sementara berdasarkan faktor kedua, yakni karena alasan geografis. Perbedaan lokasi tempat tinggal orang yang berkulit putih dan hitam juga memengaruhi terhadap perbedaan warna kulit.

Orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa lebih mungkin terpapar sinar matahari sehingga memiliki warna yang pekat.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini