OKEZONE INNOVATION: Martin Cooper, Imigran yang Pertama Menemukan Ponsel

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 15:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 10 57 1732687 okezone-innovation-martin-cooper-imigran-yang-pertama-menemukan-ponsel-5xSGK1CBfW.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Hari ini hampir semua orang di dunia memiliki ponsel. Kegunaan ponsel kini juga lebih luas dan beragam, bukan hanya sebagai alat komunikasi namun juga hiburan karena bisa menyimpan banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Namun, tahukah Anda siapa yang pertama kali menemukan handphone? Martin Cooper, salah satu tokoh yang berhasil menemukan handphone. Dirinya mengaku tidak pernah membayangkan jika ponsel yang ada saat ini bisa sekecil seperti yang sekarang ada.

Cooper sendiri merupakan seorang imigram Ukraina yang kemudian dibesarkan di Chicago. Dia akhirnya mendapatkan gelar sarjananya pada bidang Electrical Engineering pada 1950.

Ponsel yang diciptakan tidak hanya berfungsi untuk berkomunikasi secara langsung. Namun juga menawarkan bentuk komunikasi lainnya seperti pengiriman pesan melalui SMS. Para ilmuwan percaya dengan adanya ponsel ini maka akan mudah bagi penggunanya untuk dibawa-bawa.

Seiring berjalannya waktu, ponsel pun mengalami perubahan dan perkembangan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Selain untuk berkomunikasi, ponsel juga memiliki sejumlah layanan lainnya seperti e-mail, game, internet, kamera, perekam video, Bluetooth, radio, sampai perangkat GPS.

Ponsel juga hadir dalam berbagai generasi, dimana pada generasi pertama ponsel yang ada juga tidak terlepas dari perkembangan radio. Sampai akhirnya ponsel mengalami perubahan dan mulai muncul dengan adanya ponsel generasi 3G sampai 4G.

Pada 1969, sistem telekomunikasi seluler mulai untuk dikomersialkan. Telekomunikasi seluler pun semakin banyak diperbincangkan oleh masyarkat.

Cooper selalu disebut sebagai Bapak Telepon Selular (Ponsel). Namun dirinya selalu rendah hati, dengan mengatakan bahwa dirinya adalah bagian dari penemuan tersebut.

Ide dalam mengembangkan ponsel sendiri muncul saat dirinya menyaksikan Kapten Kirk. Dalam tontonan tersebut ditunjukkan suatu alat komunikator pada acara serial televise Star Trek.

Cooper selalu menyebutkan bahwa karya ponsel yang ada saat ini menjadi hasil kerja dari tim dan ratusan literature orang-orang yang telah menciptakan visi sempurna dalam seluler seperti yang sekarang ini ada. Ada kalimat pertama yang diucapkan Cooper pada ponsel yang ditemukannya yakni “Joel, I am calling you from a ‘real’ cellular telephone. A portable handled telephone.” (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini