Google Diam-Diam Tambahkan 'Tombol Panik' di Android 7.1

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 207 1733499 google-diam-diam-tambahkan-tombol-panik-di-android-7-1-lGljOAsdF6.jpg (Foto: Ubergzimo)

JAKARTA - Google ternyata telah menambahkan fitur baru di Android 7.1 yang berfungsi seperti tombol panik. Fitur itu biasanya digunakan saat keadaan darurat ketika pengguna merasa terancam.

Meski begitu, tombol panik yang dimaksud dalam Android 7.1 ini ialah cara Google untuk menyelamatkan pengguna dari serangan malware. Ketika malware menyerang, pengguna biasanya tak bisa mengakses tombol kembali.

Di situlah, fitur ini akan bekerja dengan memungkinkan pengguna dapat mengakses halaman utama (home) saat malware tersebut membajak tampilan layar.

Mengutip halaman BGR, Selasa (11/7/2017‚Äč), tombol panik itu diketahui oleh seorang pengguna di forum XDA Developer. Tak hanya membantu pengguna kembali mengakses halaman utama, fitur tersebut bahkan dikatakan mampu menghapus aplikasi yang berisi malware.

Sebagaimana diketahui, malware biasanya muncul dengan menyandera tombol back atau home sehingga pengguna akan tetap berada di halaman yang berisi virus tersebut.

Melalui fitur tersebut, Google akan menganalisa kebiasaan pengguna dan melihat ketidaknormalan pada tombol kembali saat pengguna menyentuhnya secara terus menerus. Sistem kemudian akan mengaktifkan fungsi tersebut seperti semula.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini