Duh, Induk Perusahaan Google Kehilangan Paten Penting Project Loon

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 207 1733591 duh-induk-perusahaan-google-kehilangan-paten-penting-project-loon-PgjeETAnYT.jpg (Foto: Android Authority)

MOUNTAIN VIEW - Alphabet dilaporkan telah kehilangan paten Project Loon yang penting untuk kemajuan proyek balon terbang tersebut.

Baru-baru ini paten kunci Project Loon telah dibatalkan oleh Patent and Trademark Office setelah perusahaan lain berhasil meyakinkan agensi bahwa hal ia menghasilkan ide tersebut terlebih dulu.

Project Loon menggunakan balon mengambang bebas untuk menyediakan akses internet ke daerah terpencil, menyalakan wifi dari atas kepala. Paten yang dibatalkan berkaitan dengan bagaimana Alphabet mengarahkan balonnya.

Saat balon-balon itu melayang di atas angin dan tak memiliki bentuk dorongan, mereka biasanya bergerak ke arah mana pun yang ditimbulkan oleh angin membawa mereka. Paten Google itu untuk meningkatkan atau menurunkan ketinggian balon sampai mereka memukul angin yang melaju ke arah yang diinginkan.

Baru-baru ini, Google berencana menggunakan pendekatan ini untuk menjaga balon secara efektif melayang di tempat. Wired melaporkan bahwa sebuah perusahaan kecil bernama Space Data berpendapat bahwa mereka mengemukakan idenya terlebih dulu dan mengajukan permohonan sendiri lebih dari satu dasawarsa sebelum Alpha.

Kasus Space Data dibantu oleh fakta bahwa Google memiliki akses ke rahasia perusahaan melalui pembicaraan akuisisi yang kemudian dibatalkannya.

Uji coba dijadwalkan pada 2019 dan Space Data mungkin mengajukan permohonan untuk sementara waktu. Namun, Google telah menyatakan bahwa pihaknya ingin melawan kasus ini. Demikian seperti dikutip dari 9to5Google, Selasa (11/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini