Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Eiko Ishioka, Desainer Jepang yang Jadi Google Doodle

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 08:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 207 1734240 mengenal-eiko-ishioka-desainer-jepang-yang-jadi-google-doodle-NcecGgvJIb.jpg (Foto: Google Doodle)

JAKARTA – Mesin pencari Goole kembali diwarnai oleh doodle yang berbeda. Google doodle yang tampil kali ini memiliki konsep yang berkaitan dengan dunia fashion.

Dilansir CNet, tampilan doodle kali ini berkaitan dengan Eiko Ishioka, desainer asal Jepang yang memiliki karya khas. Ishioka memiliki cara untuk mencuri perhatian dengan desain sensual dan surealis.

Ishioka pernah mengumpulkan piala Oscar dan Grammy, serta dua nominasi Tony Award. Untuk menghormatinya, Google membuatnya sebagai konsep tampilan doodle pada Rabu (12/7/2017), yang sekaligus bertepatan dengan ulang tahun desainer perempuan itu yang ke-79.

Ishioka lahir dan dibesarkan di Tokyo, dilatih sebagai desainer grafis kemudian menjadi salah satu direksi seni terdepan di Jepang. Karyanya pada sebuah poster untuk "Apocalypse Now" karya Francis Ford Coppola menyebabkan keduanya berkolaborasi dalam film "Bram Stoker's Dracula" tahun 1992 di Coppola, yang dengan desain gothiknya membuatnya mendapat penghargaan Academy Award untuk Best Costume.

Ishioka memenangkan piala Grammy untuk desainnya dari album Miles Davis 1986 "Tutu," yang menampilkan patokan Davis yang sangat terang dan ekstrem. Dia juga menerima dua nominasi Tony Award pada tahun 1988 untuk karya desain panggung dan kostumnya pada drama Broadway "M. Butterfly."

Ishioka juga merancang seragam untuk beberapa tim dari berbagai negara pada Winter Olympics 2002 di Salt Lake City, Utah. Selain itu ia pernah merancang kostum untuk pemain Cirque du Soleil dan logo untuk NBA Houston Rockets. Dia juga mengarahkan video musik untuk "Cocoon" Björk di tahun 2002.

Doodle hari ini merupakan slideshow yang menampilkan beberapa desain terkenal Ishioka dari film petualangan fantasi Tarsem Singh di tahun 2006 "The Fall”. Namun karena penyakir kanker pankreas, Ishioka meninggal pada tahun 2012.

(kem)

Berita Terkait

Google Doodle

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini