Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intel Pamer Chip Data Center Anyar Pesaing AMD

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 207 1734264 intel-pamer-chip-data-center-anyar-pesaing-amd-PD0B6k9yHI.jpg (Foto: Reuters)

SANTA CLARA – Intel Corp mengumumkan jajaran mikroprosesor baru untuk data center bersaing dengan Advanced Micro Devices (AMD) dan lainnya untuk menumbuhkan bisnis memasok chip yang menyokong cloud. Chip Xeon Scalabel Prosesor baru ini memberikan dukungan yang jauh lebih besar untuk aplikasi komputasi generasi mendatang, seperti AI dan mobil otonom.

Hal tersebut disampaikan oleh Naveen Rao, wakil presiden untuk produk AI Intel, dalam sebuah wawancara dengan Reuters. Chip ini ditujukan untuk perusahaan termasuk Google Alphabet, Microsoft Corp, Amazon.com Inc, dan lainnya yang mengoperasikan data center dengan ribuan komputer. 

Google Cloud Platform adalah pusat data pertama yang mengadopsi prosesor Intel baru. Google Cloud Platform adalah pusat data pertama yang mengadopsi prosesor Intel baru. Paul Nash, manajer proyek untuk Google Compute Engine, menyebutkan kesepakatan tersebut sebagai "perluasan dan pendalaman kemitraan kami" dengan Intel.

Intel tak akan melenggang sendiri untuk menjalankan bisnisnya. Intel bersaing ketat dengan AMD yang  belum lama ini telah merilis prosesor data center generasi berikutnya.


Beberapa perusahaan besar internet turut merancang hardware mereka dan bereksperimen dengan chip berdasarkan teknologi dari ARM Holding dan lainnya, sebagai cara mendorong Intel tetap menjaga banderol produknya. 

Martin Reynolds seorang analis di Gartner mengatakan bahwa prosesor Intel yang baru merupakan langkah maju dari generasi sebelumnya dengan efisiensi daya yang lebih baik, peningkatan pada beban kerja AI dan penyimpanan yang lebih maju.

Reynolds mencatat bahwa risiko terbesar untuk Intel mungkin bergantung pada jumlah operator data center yang relatif kecil. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (12/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini