Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mirip Instagram, Google Earth Bakal Izinkan Pengguna Unggah Stories dan Video

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 10:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 207 1734295 mirip-instagram-google-earth-bakal-izinkan-pengguna-unggah-stories-dan-video-lIGoOW18uG.jpg (Foto: Reuters)

MOUNTAIN VIEW – Alphabet ingin penggunanya mem-posting jutaan stories, video, dan foto platform Google Earth dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini disampaikan oleh kepala program di Google dalam sebuah acara peluncuran di Brasil untuk konten yang berfokus pada hutan hujan Amazon, seperti dilansir Reuters, Rabu (12/7/2017).

Tools ‘Voyager’ memungkinkan pengguna internet melakukan tur interaktif dengan tujuan yang eksotis di Google Earth, yang dipimpin oleh pakar primatologi Jane Goodall dengan foto, informasi, dan peta.

“Namun pengguna biasa akan dapat membuat konten mereka sendiri yang belum diedit untuk penggunaan pribadi atau publik dalam 2-3 tahun,” kata Direktur Google Earth Rebecca Moore kepada Reuters.

“Kisah sejarah keluarga Anda, kisah perjalanan hiking favorit Anda, bisa apa saja. Tidak harus mendalam,” katanya.

Moore menggelar sebuah acara di Sao Paulo untuk mengungkap proyek ‘I am the Amazon’ yang telah memetakan 11 situs untuk mendokumentasikan hubungan antara hutan hujan dan masyarakatnya serta menyentuh topik seperti makanan, air, dan asal usul budaya.

Untuk menceritakan kisah masyarakat seperti orang-orang Yanomami, Cinta Larga dan Boa Vista Quilombola, Google dan mitranya menggunakan alat seperti kamera 3D untuk melengkapi gambar satelit dengan video dan teks.

Moore tidak mengungkapkan anggaran untuk proyek tersebut namun dia mengesampingkan gagasan periklanan di platform dan mengatakan bahwa bukan niat Google untuk menghasilkan keuntungan dari usaha tersebut.

"Google Earth adalah hadiah kami untuk dunia. Dari sisi anggaran, Google memiliki pendapatan yang bagus dari iklan, dan tidak semua yang Google miliki harus menghasilkan uang" ujarnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini