Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penemuan Tubuh Bintang Kecil Bisa Bantu Temukan Planet Mirip Bumi

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 05:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 12 56 1734741 penemuan-tubuh-bintang-kecil-bisa-bantu-temukan-planet-mirip-bumi-Y5o5BnUzp0.jpg (Foto: University of Cambridge)

CALIFORNIA - Bintang terkecil yang pernah diukur telah ditemukan oleh tim astronomi internasional. Hanya sedikit lebih besar dari Saturnus, tarikan gravitasi pada permukaan bintangnya sekira 300 kali lebih kuat dari apa yang manusia rasakan di Bumi.

Bintang yang baru ditemukan bernama EBLM J0555-57Ab, bisa membantu ilmuwan dalam mencari kehidupan alien. Bintang kecil dan redup merupakan kandidat yang baik untuk mendeteksi planet berukuran Bumi, yang bisa memiliki cairan air di permukaannya, bahan utama untuk menumbuhkan kehidupan.

Bagi para ilmuwan untuk mendeteksi planet mirip Bumi yang jauh, mereka perlu mengukur peredupan bintang yang mengorbit planet saat mereka melewatinya dengan masing-masing lintasan. Bintang dengan ukuran normal ini hampir tak mungkin dicapai karena mereka yang mengorbit menyebabkan peredupan yang terdeteksi.

Akan tetapi bintang kecil seperti EBLM J0555-57Ab cukup kusam untuk mendeteksi ukuran dan atmosfer sistem planet mereka. Contoh lain dari bintang kecil adalah Trappist-1.

EBLM J0555-57Ab, ditemukan oleh para astronom Cambridge University memiliki massa yang serupa dengan Trappist-1, namun hampir dua pertiga ukurannya.

"Bintang terkecil memberikan kondisi optimal untuk penemuan planet mirip Bumi dan untuk exoplanet jarak jauh dari atmosfer mereka. Namun, sebelum kita bisa mempelajari planet, kita benar-benar perlu memahami bintang mereka," kata rekan penulis studi Dr Amaury Triaud seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (13/7/2017).

EBLM J0555-57Ab berjarak sekira 600 tahun cahaya dari Bumi dan lebih kecil dari Jupiter, namun massanya 85 kali lebih besar dari pada Jupiter. Bintang yang lebih kecil kurang dipahami lantaran ukurannya kecil dan kecerahan rendah, ia sulit dideteksi.

EBLM J0555-57Ab kemungkinan kecil seperti benda bintang karena hanya memiliki massa yang cukup untuk menyatukan inti hidrogen menjadi helium, proses kunci dalam bentuk bintang.

Kekuatan fungsi hidrogen matahari serta bintang-bintang lainnya dan ilmuwan mencoba untuk meniru sebagai sumber energi yang kuat di Bumi. Jika bintang yang baru ditemukan itu lebih kecil, tekanan di pusat bintang tak akan cukup untuk proses ini berlangsung.

EBLM J0555-57Ab merupakan bagian dari sistem bintang biner, yang berarti dua bintang mengorbit satu titik di luar angkasa bersama dengan sistem planet. Bintang baru itu diidentifikasi saat melintas di depan pendampingnya yang jauh lebih besar, sebuah motode yang biasanya diguanakan untuk mendeteksi planet bukan bintang.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini